Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus Permanen, ikuti ini!

Cara-Mengembalikan-Kontak-yang-Terhapus-Permanen

Runyam urusannya jika kontak HP yang penting tidak sengaja terhapus. Begini cara mengembalikan kontak yang terhapus permanen, dijamin berhasil!

Beberapa dari Anda mungkin belum tahu cara mengembalikan kontak yang terhapus permanen sebenarnya mudah. Jangan buru-buru panik ketika Anda tiba-tiba membutuhkan kembali nomor kontak yang sudah dihapus.

Tanpa harus menanyakan ke pemilik kontak, Anda bisa lho mendapatkan kembali kontak yang sudah pernah dihapus dari HP Anda. Berikut beberapa cara dan trik untuk mengembalikan kontak yang terhapus.

Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus Permanen

Daftar kontak berisi nomor telepon adalah salah satu data yang cukup penting. Jangan khawatir jika Anda tidak sengaja menghapus kontak atau tiba-tiba butuh kontak yang terhapus tersebut karena Anda bisa mendapatkannya kembali dengan cara berikut.

  • Memulihkan Kontak HP yang Terhapus Melalui Google Contact

Ketika Anda menghapus kontak, sebenarnya hanya terhapus dari aplikasi kontak di HP Anda. Kebanyakan smartphone akan menyimpan daftar kontak di aplikasi lain yang memang memiliki akses ke aplikasi kontak HP.

Misalnya saja untuk perangkat Android yang memiliki fitur Google Contact. Daftar kontak HP Anda otomatis tersimpan pada cloud store Google ini. Anda bisa memanfaatkan Google Contact untuk menyelamatkan kontak HP yang sudah terhapus dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih menu Google Service & Preferences
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan menu “Set Up and Restore”
  4. Pilih opsi “Restore Contact”
  5. Google akan menampilkan daftar kontak yang terhapus
  6. Pilih kontak yang ingin dipulihkan dan klik “Restore”
  7. Selesai dan Anda bisa cek di aplikasi kontak HP
  • Memulihkan Kontak HP yang Terhapus via iCloud

iCloud adalah penyimpanan awan yang disediakan bagi para pengguna iPhone atau perangkat iOS lainnya. Seperti Google Contact, iCloud juga bisa membantu Anda mendapatkan kembali nomor HP yang sudah terhapus.

Namun, Anda hanya bisa mencoba cara mengembalikan kontak yang terhapus permanen ini jika fitur iCloud perangkat Anda aktif. Berikut langkah-langkahnya untuk memulihkan kontak yang terhapus via iCloud.

  1. Buka aplikasi iCloud atau akses melalui icloud.com
  2. Pilih “Pengaturan”
  3. Klik opsi “Pulihkan Kontak”
  4. Pilih kontak yang ingin dipulihkan (klik “All” jika ingin memulihkan semua kontak yang terhapus)
  5. Selesai
  • Memulihkan Kontak HP yang Terhapus Menggunakan WhatsApp

Sebagian pengguna smartphone memiliki aplikasi chat yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan kecanggihan WhatsApp untuk mendapatkan nomor HP yang tidak sengaja terhapus.

Keunggulan cara ini adalah Anda bisa mendapatkan kontak yang terhapus dengan sangat mudah. Namun, ini hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki grup yang sama dengan kontak yang terhapus. Berikut cara mendapatkan kembali kontak HP yang terhapus menggunakan WhatsApp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda
  2. Klik obrolan grup
  3. Buka info grup dengan klik samping kanan profil grup
  4. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan kontak yang ingin dipulihkan
  5. Buka profil kontak dan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  6. Pilih opsi “Tambahkan Kontak”, lalu klik “Simpan”
  7. Selesai
  • Memulihkan Kontak HP Terhapus dengan Aplikasi Restore Contact

Alternatif lain untuk mengembalikan kontak HP adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi yang menyediakan fitur ini adalah Restore Contact. Berikut cara menggunakannya.

  1. Download dan buka aplikasi Restore Contact: Recover Deleted Contact
  2. Tulis nama kontak yang terhapus di kolom pencarian
  3. Aplikasi akan menampilkan kontak HP yang sebelumnya terhapus
  4. Klik “Restore” untuk memulihkan kontak
  5. Selesai

Penutup

Itulah beberapa cara mengembalikan kontak yang terhapus permanen di smartphone Android dan iPhone. Silakan coba salah satu cara di atas yang menurut Anda paling mudah dan cek hasilnya di aplikasi kontak HP.

About stainadmin 18 Articles
Hai, pernekalkan nama saya Tania Irenia Sebagai seorang penggiat teknologi, saya percaya bahwa teknologi memiliki potensi besar untuk memberdayakan dan meningkatkan kehidupan manusia secara global. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki, saya berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui.