Apa Penyebab Penyakit Anemia? Inilah Jawabannya

Apa Penyebab Penyakit Anemia? Inilah Jawabannya

Mengetahui apa penyebab penyakit anemia sangatlah penting agar bisa mencegahnya lebih dini. Untuk mengetahui rincian penyebabnya, maka simak daftar ini!

Penyakit anemia termasuk jenis penyakit yang sering terjadi. Banyak pihak yang bertanya-tanya mengenai apa penyebab penyakit anemia secara jelas. Padahal sebenarnya, penyebab penyakit ini tidak hanya satu.

Ada banyak kondisi yang menyebabkan anemia muncul dan menjangkit seseorang. Karena penyakit ini sangat mengganggu kegiatan, maka harus dicegah dan selesaikan sejak ini. Untuk itu, perlu tahu juga apa saja penyebabnya.

Penyebab Penyakit Anemia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dampak anemia ini sangat mengganggu aktivitas. Untuk itu, perlu tahu apa saja penyebabnya sehingga bisa dilakukan penyesuaian. Inilah lima penyebab dari penyakit anemia yang harus diketahui:

  1. Faktor Genetik

Jika ada yang bertanya tentang apa penyebab penyakit anemia pertama, maka jawabannya adalah faktor genetik. Seperti yang sudah diketahui bersama, anemia adalah penyakit yang berkaitan dengan struktur darah.

Apabila orang tua memiliki penyakit anemia atau kelainan darah lain, maka besar kemungkinan akan diturunkan kepada keturunannya. Hal ini sangat sering terjadi sehingga anemia bisa terjadi dalam satu keluarga utuh.

Namun tidak semua mengalami kondisi serupa. Apabila keturunannya memiliki kekuatan tubuh yang baik, maka anemia tidak akan terjadi. Oleh sebab itu, sejak dini harus dipupuk asupan sehat agar penyakit ini tidak menjadi hambatan.

  1. Kekurangan Mineral dan Vitamin

Penyebab anemia pada remaja maupun orang dewasa juga bisa dikarenakan kekurangan mineral dan vitamin. Permasalahan ini juga sangat sering terjadi. Bahkan permasalahan ini biasanya disebabkan oleh asupan kurang baik dalam jangka panjang.

Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka kondisi anemia tidak akan membaik dan justru akan semakin memburuk. Hal ini harus dihindari dengan memperbanyak asupan mineral serta vitamin kompleks dalam makanan.

Usahakan tambah makanan yang mengandung protein tinggi serta makanan yang mengandung vitamin. Daging dan buah-buahan adalah pilihan yang tepat sebagai sumber asupan sehingga anemia bisa diminimalisir.

  1. Masalah Kekebalan Tubuh

Lalu apa penyebab penyakit anemia yang ketiga? Penyebab yang ketiga adalah adanya masalah kekebalan tubuh. Permasalahan ini terjadi pada kasus-kasus tertentu. Saat kekebalan tubuh kurang, maka anemia juga bisa muncul.

Apalagi jika permasalahan kekebalan ini sudah sejak kecil, maka kemunculan anemia tidak bisa dihindari. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, maka perlu adanya pengobatan kompleks dari akarnya.

Jika kekebalan tubuhnya masih rentan, maka anemia akan sulit disembuhkan. Akan lebih baik jika penderita anemia fokus terhadap pengembalian kekebalan tubuh dahulu baru nantinya anemia juga akan terselesaikan.

  1. Sedang Hamil

Saat seseorang hamil, permasalahan anemia juga bisa muncul. Hal ini sangat wajar dan sering terjadi. Kondisi ini bisa dialami ibu hamil karena tubuhnya masih memerlukan zat besi lebih kompleks dan lebih banyak.

Semakin besar kandungannya, maka zat besi yang dibutuhkan semakin banyak karena janin juga membutuhkannya. Jika tidak segera diatasi, maka kondisi anemia akan memberikan dampak buruk pada kandungannya.

  1. Masalah Sumsum Tulang Belakang

Apa penyebab anemia yang terakhir? Penyebab yang terakhir adalah adanya masalah pada sumsum tulang belakang. Kondisi ini memang tidak sering terjadi namun ada beberapa kasus yang muncul.

Seseorang yang memiliki masalah sumsum tulang belakang juga sangat rentan terhadap anemia. Bahkan penyakit ini bisa lebih parah jika permasalahan utamanya ada di sumsum tulang belakang.

Kesimpulan

Rincian apa penyebab penyakit anemia sudah diberikan secara lengkap pada artikel di atas. Setiap orang memiliki kondisi tubuh berbeda, sehingga penyebab kemunculan anemianya juga tidak akan sama.

Urutan-Cuci-Tangan-yang-Benar Previous post Urutan Cuci Tangan yang Benar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Peristiwa-Bandung-Lautan-Api Next post Mengulik Lebih Dalam Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api