Urutan Cuci Tangan yang Benar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Urutan Cuci Tangan yang Benar dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berbagai urutan cuci tangan yang benar dimulai dengan memakai sabun, lalu ikuti langkah-langkahnya seperti pada pembahasan berikut!

Urutan cuci tangan yang benar bisa kamu ikuti agar tangan lebih bersih, dan tentunya terhindar dari beragam jenis penyakit. Manfaat dari kebiasaan ini bisa menghemabt biaya berobat, karena tubuh tidak akan mudah terserang patogen.

Kebiasaan membersihkan tangan ini harus dipelajari sejak dini, agar nantinya saat dewasa pun selalu mengutamakan kebersihan tubuh. Walaupun sederhana, kebiasaan ini justru dapat menghindari resiko terkena penyakit menular.

Lalu, bagaimana cara membersihkan salah satu bagian tubuh ini memakai teknik tepat? Yuk, pelajari selengkapnya di ulasan berikut.

Urutan Cuci Tangan yang Benar

Bagaimana urutan cuci tangan yang benar? Kebiasaan baik pasti akan berdampaik baik juga, begitupula dengan kebersihan anggota tubuh. Tanganmu merupakan bagian penting dan dengan mudahnya bisa membawa bakteri maupun virus penyebab penyakit ke anggota tubuh lain.

Saat Covid-19 muncul di Indonesia, semua lapisan masyarakat selalu menghimbau untuk melakukan kegiatan ini. Oleh sebab itu, membersihkan tangan adalah suatu keharusan dan perlu diperhatikan.

Sebagian besar orang pasti tidak tahu bagaimana cara membersihkan bagian tubuh ini dengan baik dan benar. Kebanyakan akan mencucinya seperti biasa, secara asal yang penting bersih dan tidak bau.

Padahal, agar terbiasa selalu hidup sehat, kamu juga harus tahu bagaimana cara bersihkan tanganmu dengan tepat. Tidak harus pakai sabun khusus, kamu hanya butuh sabun cuci tangan saja.

Tapi, tak berlebihan juga memakainya, karena bila terlalu banyak justru rasanya terlalu licin dan mubazir. Ikuti langkah berikut agar lebih jelas:

  • Tuang sabun ke telapak sekitar seujung koin
  • Gosoklah merata ke seluruh permukaan secara bersamaan
  • Gosoklah juga bagian punggung tanganmu, lalu sela jarinya secara bergantian
  • Jangan lupa untuk menggosok kedua telapak dengan posisi jarinya bertautan
  • Genggamlah jempol dengan tanganmu bagian kiri, lalu gosok memutar. Lakukan bergantian di sisi satunya lagi
  • Gosok-gosok juga ujung jarinya, lalu bersihkan bagian kukunya bergantian. Jangan sampai terlewat, ya!
  • Basuh seluruh tanganmu pakai air mengalir sampai bersih sambil menggosok sela-sela jari dengan posisi jarinya bertautan
  • Terakhir keringkan menggunakan lap sekali pakai atau bisa juga tisu

Manfaat Cuci Tangan

  • Cegah gangguan kesehatan

Kuman bisa cepat pindah lewat benda atau tangan yang kotor. Bila masuk ke tubuh, patogen tersebut akan mengganggu sistem imun dan menyebabkan gangguan kesehatan.

Saat imun tidak sanggup menahannya, zat asing tersebut bisa memicu reaksi dan akhirnya timbullah penyakit. Jadi, agar bisa memutus penyebaran kuman, cucilah tanganmu sebaik mungkin.

Dengan melakukan kebiasaan kecil ini, kamu bisa terhindar dari infeksi, gangguan pernapasan maupun masalah pencernaan, karena disebabkan kuman masuk ke dalam badan.

  • Bunuh kuman

Dengan membersihkan salah satu bagian dari anggota tubuh ini, kuman dan mikroorganisme jadi lebih mudah diberantas. Apalagi bila membersihkannya dengan sabun, kuman langsung hempas detik itu juga.

  • Memutus rantai pandemi

Saat virus corona menyerang, banyak orang menghimbau agar rajin membersihkan bagian tubuh ini. Secara tidak langsung, kebiasaan kecil tersebut bisa jadi salah satu cara agar memutus penularan dan melindungi diri dari patogen.

  • Cegah resistensi antibiotik

Dengan membiasakan diri melakukan kebiasaan ini, kamu jadi tidak perlu lagi konsumsi antibiotik. Justru bila sering mengonsumsi obat, hal tersebut jelas tidak bagus bagi kesehatan.

Lalu, kapan waktu tepatnya untuk membersihkan bagian tubuh ini? Sebelum, setelah dan selama menyiapkan makanan, sebelum serta sesudah makan, setelah bersin, buang ingus maupun batuk.

Jangan lupa sesudah memakai toilet, mengganti popok atau setelah merawat orang sakit, tanganmu harus rutin dibersihkan. Sebelum serta setelahnya merawat luka dan membuang sampah juga diwajibkan untuk cuci tangan.

Kesimpulan

Urutan cuci tangan yang benar di atas bisa jadi sesuatu hal penting untuk diikuti agar terhindar dari kuman. Ternyata, meski sepele, kebiasaan ini harus dilakukan sejak kecil agar tubuh tidak mudah sakit dan tidak menularkan penyakit pada orang lain.

Brawl-ML Previous post Fakta Map Brawl ML dan Tips Bermainnya!
Penyebab-Penyakit-Anemia Next post Apa Penyebab Penyakit Anemia? Inilah Jawabannya