Apakah kamu tahu iklan non komersial memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan? Simak penjelasan artikel ini sampai selesai ya.
Pernyataan iklan non-komersial yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan adalah sebuah kesalahpahaman umum. Iklan non-komersial seperti namanya tidak berorientasi pada keuntungan yang finansial secara langsung. Tujuan paling utama dari iklan ini adalah untuk menyampaikan berbagai informasi tertentu kepada seluruh masyarakat. Isi dari iklan non-komresial ini busa berbentuk berupa ajakan, meningkatkan kesadaran sosial, atau bisa juga memberikan edukasi masyarakat tentang hal yang penting. Penasaran bagaimana contoh iklan satu ini? Langsung saja simak artikel ini sampai selesai.
3 Contoh Iklan Non Komersial yang Harus Diketahui
Nah, untuk menghilangkan rasa penasaran, mari ketahui berbagai contoh iklan non komersial di bawah ini:
Iklan Layanan Masyarakat
Mengumumkan pentingnya menjaga lingkungan sekitar, mendonor darah, atau stop kekerasan kepada anak.
Iklan Kampanye Sosial
Memberikan informasi atau mempromosikan isu sosial seperti kesetaraan gander, HAM (Hak Asasi Manusia), atau mental healt.
Iklan Pemertintahan
Memberikan informasi penting dari pemerintah setempat, seperti kebijakan baru atau peringatan bencana.
Itulah 3 contoh iklan non komersial yang dapat kamu pahami. Selain itu, iklan ini juga dibuat pastinya memiliki tujuan untuk banyak orang.
Tujuan Iklan Non Komersial
Iklan ini dibuat tentunya memiliki tujuan, berikut adalah tujuannya:
- Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah sosial atau isu penting.
- Mempengaruhi prilaku yang mendorong masyarakat untuk merubah prilaku atau mengambil langkah tertentu.
- Menyampaikan informasi yang akurat dan juga relevan kepada semua masyarakat.
- Membentuk opini yang positif.
- Membangun citra positif organisasi atau lembaga.
Itulah tujuan dari iklan ini, dengan memahami tujuannya kamu pasti dapat menghasilkan dampak yang positf.
Ciri Ciri Iklan Non Komersial yang Harus Diketahui
Nah, untuk kamu yang belum mengetahui dari ciri ciri iklan ini maka simaklah di bawah ini:
Distribusi
Disebarluaskan dari berbagai media yaitu, televisi, radio, media sosial, poster, billboard.
Memiliki Visual yang Menarik
Desain visual dari iklan ini tentunya sangat menarik dengan hal tersebut pastinya efektif untuk menyampaikan pesan.
Bahasa Persuasif
Bahasa yang digunakan dalam iklan ini cenderung persuasif & mengajak, selain itu sangat mudah untuk dipahami oleh berbagai kalangan.
Sumber Dana Dari Pemerintah
Biasanya iklan ini diberikan anggaran oleh pemerintah setempat, organisasi non-profit, atau donasi dari masyarakat.
Tidak Berorientasi Profit
Iklan non-komersial tidak bertujuan untuk menghasilkan keuntungan yang finansial secara langsung.
Tujuan Sosial
Tujuan utama untuk mencapai tujuan sosial tertentu seperi meningkatkan kesadaran masyarakat seperti isu lingkungan, memberikan informasi kesehatan, dan mendukung kampanye.
Berfokus Pada Pesan
Iklan ini lebih memprioritaskan penyampaian pesan dan informasi daripada produk yang dipasarkan.
Selain itu, jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih mengenai iklan, kamu juga bisa kunjungi situs kariyeryolculugumprojesi.com ya.
Penutup
Iklan non komersial sebuah alat yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan bermanfaat bagi masyarakat. Meskipun tidak berorientasi pada keuntungan finansial, iklan non-komersial memiliki dampak yang sangat besar dalam mengubah perilaku dan membentuk masyarakat yang lebih baik. Semoga penjelasan artikel ini bermanfaat ya!