5 Ciri Ciri Serangan Jantung dan Cara Mengatasinya

5 Ciri Ciri Serangan Jantung dan Cara Mengatasinya

Inilah 5 ciri ciri serangan jantung yang perlu diketahui, kenali segera dan dapatkan pemeriksaan medis agar terhindar dari serangan jantung yang berat.

Serangan jantung pastinya merupakan kondisi kesehatan yang sangat serius, bahkan bisa mengancam nyawa jika tidak diperiksa dan ditangani dengan cepat. Jangan khawatir! Inilah ciri ciri serangan jantung yang perlu kamu ketahui dan cara mengatasinya, agar kamu bisa terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini. Simak selengkapnya dalam pembahasan di bawah ini!

Ciri Ciri Serangan Jantung Dan Cara Mengatasinya

Mari ketahui ciri ciri kena serangan jantung di bawah ini:

  • Nyeri dada

Salah satu ciri ciri serangan jantung yang paling umum terjadi adalah nyeri dada. Nyeri dada ini bisa dirasakan pada saat bagian tengah atau kiri dada ditekan, nyeri tersebut biasanya datang dan pergi atau bisa dirasakan dalam beberapa waktu yang beriringan. Kalau kamu atau keluarga kamu merasakan salah satu gejala ini cobalah untuk memeriksanya secara medis. Kamu bisa menghubungi atau langsung datang ke rumah sakit saat merasakan nyeri, pastikan kamu tidak menundanya saat merasakan nyeri pada bagian dada.

  • Sesak napas

Sulit bernapas atau sesak napas bisa menjadi tanda munculnya serangan pada jantung, terutama jika sesak napas terjadi bersamaan dengan nyeri di bagian dada. Biasanya sesak nafas bisa terjadi sebelum, setelah atau pada saat nyeri dada. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi atau mengunyah aspirin sembari menunggu penanganan medis. Dengan mengunyah aspirin, kamu bisa membantu mencegah pembekuan pada darah dan membantu meningkatkan aliran darah ke jantung. Pastikan kamu tidak memiliki alergi saat mengkonsumsi aspirin tersebut ya.

  • Nyeri pada bagian tubuh lain

Hal yang perlu kamu tahu juga tentang ciri ciri serangan di jantung adalah nyeri pada bagian tubuh kamu yang lain. Serangan jantung tidak hanya bisa dirasakan pada saat nyeri dada saja, tetapi juga bisa menjalar ke bagian tubuh yang lain seperti bahu, lengan, punggung, leher maupun perut. Kalau kamu merasakannya, segeralah periksakan ke layanan rumah sakit. Cobalah untuk menghindari aktivitas yang berat terlebih dahulu, agar kondisi tersebut tidak memperburuk kondisi jantung kamu.

  • Keringat dingin

Gejala umum serangan di jantung yang sering terjadi adalah keluarnya keringat dingin di tubuh kamu. Pada saat keringat dingin ini keluar, biasanya selalu diiringi dengan perasaan gelisah ataupun cemas. Kalau kamu mengalami keringat dingin yang tidak biasa, terutama disertai dengan nyeri pada bagian dada atau sesak napas, segeralah periksakan ke layanan medis. Jika diagnosisnya adalah penyakit jantung, biasanya pasien dengan gejala ini akan diberi Nitroglycerin yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah dan memperlancar aliran darah ke jantung.

  • Mual atau muntah

Meskipun bukan gejala yang umum tentang ciri ciri serangan di jantung, mual atau muntah bisa menjadi tanda adanya gejala serangan pada jantung. Kalau kamu merasa mual atau muntah terutama jika diiringi dengan nyeri pada bagian dada, sesak napas atau tanda-tanda lainnya, segeralah untuk mencari bantuan medis dan mendapatkan penanganan yang cepat. Penangan ini biasanya dilakukan CPR jika diperlukan. Kalau pasien yang mempunyai serangan jantung tidak bisa bernafas dan kehilangan kesadaran, tindakan ini biasanya sering dilakukan. CPR atau cardiopulmonary resuscitation bisa dilakukan dengan cara kompresi dada, dengan memberi pernapasan buatan atau menekan dada dengan kuat dan cepat sekitar 100-200 kali dalam satu menit.

Kesimpulan

Nah! Jadi itulah lima ciri ciri serangan jantung dan cara mengatasinya yang perlu diketahui. Kalau gejala-gejala di atas salah satunya ada yang kamu rasakan, segeralah cari bantuan atau datang langsung ke rumah sakit untuk diperiksa secara medis dengan penanganan yang tepat. Pastikan juga kamu menghindari setiap penyebab pada gejalanya ya. Salam sehat!

Sasimo-Adalah Previous post Sasimo Adalah? Ketahui Istilah Bahasa Gaul Disini!
Hal-Hal-yang-Dapat-Membatalkan-Wudhu Next post Wajib Tahu, Hal Hal yang Dapat Membatalkan Wudhu