Memahami Tsundere Sebagai Istilah yang Cukup Populer

Memahami Tsundere Sebagai Istilah yang Cukup Populer

Karakter tsundere merupakan istilah yang cukup populer dalam dunia manga dan anime sebagai kata yang menunjukkan karakter dengan kepribadian kontras.

Tsundere merupakan istilah yang cukup populer dalam dunia manga dan anime. Ini menjadi istilah yang menunjukkan karakter dengan kepribadian kontras. Berasal dari gabungan dua kata yaitu Tsuntsun dan Deredere. Tsuntsun mempunyai arti sebagai sikap acuh tak acuh serta ketus. Sementara deredere memiliki arti penuh kasih sayang atau manis. Secara terjemahan mempunyai arti sebagai karakter yang pada dasarnya memberikan penampilan judes dan cukup dingin di permukaan, namun sebenarnya anime dengan karakter ini memiliki sisi peduli sekaligus hangat.

Mengenal Tsundere Secara Mendalam

Kata ini seringkali digambarkan sebagai sosok yang terlihat sangat acuh tak acuh. Kerap menyangkal perasaan yang sebenarnya pada orang yang dicintai. Ada beberapa ciri yang dimiliki dari sosok karakter ini. Sosok ini juga cukup populer karena beberapa alasan, berikut hal yang menjadi latar belakang:

  • Komedi

Sikap ini membuat sosoknya suka bereaksi secara berlebihan. Selain itu, sosok ini juga mudah terpancing emosi karena menjadi sumber cerita dan humor. Terjadi hal kontras antara tindakan dari karakter dengan perhatian yang ditunjukkan. Hal tersebut yang membuat karakter memancing gelak tawa dari penontonnya.

  • Unik

Sebagai salah satu kepribadian yang cukup populer di dunia anime maupun manga, karakter ini penuh menawarkan sesuatu yang berbeda. Sikap yang dingin namun penuh perhatian membuat karakter jadi terlihat lebih menarik. Bahkan beberapa dirasa cukup realistis.

  • Tantangan

Hal menarik berikutnya dari karakter Tsundere adalah untuk mendekati sosok ini memberikan tantangan tersendiri. Utamanya bagi karakter lain di dalam cerita. Ketika berhasil meluluhkan sosoknya akan memberikan pencapaian cukup luar biasa.

Karakter dari Sosok Ini

Sosok ini memiliki karakter yang cukup khas. Seperti suka membantu maupun menolak bantuan dengan sikap yang cukup kasar. Selain itu, juga sering menghindar ketika ketahuan memperhatikan sosok yang disukai.

Ciri selanjutnya yaitu sering melontarkan sindiran maupun hinaan sebagai sebuah bentuk perhatian namun cukup tersembunyi. Karakter ini juga suka membantu orang lain secara diam-diam tanpa suka diketahui siapapun.

Kehadiran sosoknya tidak terjadi begitu saja, namun ada beberapa hal yang melatarbelakangi. Untuk istilahnya sendiri muncul sekitar pada tahun 1970 pada kalangan penggemar manga maupun anime. Awal penggunaannya yaitu untuk menggambarkan tokoh wanita dengan karakter tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, karakter pria mulai bermunculan dan semakin populer.

Jenis dari Tsundere

Karakter ini tidak hanya memiliki satu jenis, namun cukup beragam. Beberapa jenis tersebut bahkan cukup umum ditemui pada cerita manga maupun anime. Berikut beberapa jenisnya:

  • Kuudere

Mempunyai sifat yang pemalu sekaligus pendiam. Meski sosoknya cukup dingin, namun dibalik itu semua, memiliki perasaan cukup hangat.

  • Dandere

Jenis ini tidak berbeda jauh dari Kuudere. Dandere cenderung pendiam, namun juga lebih ekspresif. Selain itu, karakternya juga suka menunjukkan rasa kesal maupun cemburu.

  • Himedere

Memiliki sifat manja namun suka memerintah. Di dalam diri karakter satu ini juga mempunyai sisi manis serta peduli.

Selain merupakan karakter di dunia manga dan anime, namun sosok ini juga ada di dunia nyata. Di kehidupan nyata, karakter ini biasanya memiliki rasa malu serta canggung dalam mengungkapkan perasaan ke orang lain. Atau bisa juga karena pengalaman mengecewakan di masa lalu.

Kesimpulan

Kemunculan karakter dengan kepribadian ini memicu berbagai perdebatan dan pendapat. Ada yang merasa sosok ini memberikan sikap yang penuh kejutan dan unik. Namun di sisi lain, ada juga yang merasa terganggu dengan karakter ini, terutama karena sifatnya yang suka membentak serta selalu bersikap judes. Bagi penggemar anime maupun manga menyukai karakter Tsundere atau tidak tergantung dari selera maupun preferensi masing-masing penggemar.

Kiawentiio Previous post Mengenal Kiawentiio Tarbell, Pemeran Katara di Serial Avatar
Pokemon-Go Next post Game Pokémon Go Berhasil Membuat Gempar Dunia