STAIN GPA TERIMA BANTUAN DIKTIS

TERIMA BANTUAN DIKTIS, HMPS PIAUD AKAN GELAR SEMINAR NASIONAL CEGAH RADIKALISASI

TAKENGON (STAINGPA)- Dalam waktu dekat, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (HMPS-PIAUD) STAIN Gajah Putih Takengon akan menggelar seminar nasional bertajuk “Merekonstruksi Pendidikan Multikultural Untuk Mencegah Radikalisasi”.

 Hal itu disampaikan Koordinator Prodi PIAUD Elliyil Akbar, M. Pd bersama sejumlah perwakilan   mahasiswa melakukan audiensi dengan jajaran pimpinan pada Senin (15/01/2017).

"Insya Allah dalam waktu dekat kita akan mengadakan seminar nasional, hari ini kita meminta arahan dari pimpinan", ungkapnya.

Menurut Elliyil, seminar itu nantinya dilaksanakan atas dukungan Diktis Kemenag RI melalui dana Bantuan Lembaga Kemahasiswaan Tahun Anggaran 2017.

Untuk memperoleh dana tersebut, HMPS PIAUD telah mengikuti sejumlah tahapan seleksi hingga akhirnya ditetapkan menjadi salah satu penerima bantuan berdasarkan surat keputusan Dirjen Diktis Kemenag pada bulan Oktober tahun lalu.

"Ada 80 lembaga kemahasiswaan secara nasional yang ditetapkan sebagai penerima bantuan, HMPS PIAUD salah satunya", katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua STAIN Dr. Zulkarnain, M.Ag mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bentuk perhatian sekaligus tanggungjawab lebih yang diberikan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama kepada STAIN gajah putih Takengon.

"Ada tanggungjawab lebih yang diberikan kepada kita, saya usul seminar itu diadakan selama 2 hari, kalau bisa seminar nasional ini dibuat rasa internasional", pungkasnya saat memberi arahan.

Diterangkan Ketua, pihaknya telah mencanangkan beberapa program untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Diantaranya, dia memberikan tantangan kepada Ketua Jurusan Tarbiyah untuk menyeleksi mahasiswa yang memiliki kemampuan bahasa asing agar dibiayai ke luar negeri.

Sementara itu, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag RI, Drs. Syafriansyah, MBA, yang turut hadir pada tersebut menyampaikan, terdapat nilai yang lebih besar dibanding nominal bantuan yang diberikan Kemenag yaitu, nilai pendidikan.

Menurutnya, melalui kegiatan yang didanai diktis itu dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mengorganisasikan kegiatan, bekerja sama, berkomunikasi, dan berhubungan dengan pihak-pihak lain di luar kampus.

"Nilai ini harus terus kita kembangkan, harus kita perkuat. Di kemenag ada media keberpihakan pemerintah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, ada tim yang menyeleksi, ini (seminar nasional) termasuk yang layak untuk dilaksanakan", terangnya.

Turut hadir pada pertemuan tersebut Wakil Ketua I Dr. Al Musanna, M.Ag, Wakil Ketua II Maulida, M.Ed., Wakil Ketua III Drs. Halihasimi, MA, dan Kabag AAKU Wirda Novita, SE. (Humas)

Lainnya :