STAIN GAJAH PUTIH DAN BEI TANDATANGANI MOU PENDIRIAN GALERI INVESTASI DI KAMPUS

TAKENGON (STAINGPA) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN)  Gajah Putih dan Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Aceh menandatangani nota kesepahaman (MoU) pendirian galeri investasi di kampus tersebut. Penandatanganan MoU dilakukan di sela-sela kegiatan pembekalan mahasiswa PPL/PKL STAIN Gajah Putih, Jumat (10/08/2018) di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

Ketua Jurusan Syariah Ramdansyah Fitrah, M.Si menjelaskan, salah satu tujuan adanya galeri ini adalah sebagai fasilitas edukasi bagi mahasiswa untuk mengenal dan memahami tentang jual beli saham.

"Salah satu tujuan adanya galeri ini adalah untuk fasilitas edukasi, misalnya untuk mahasiswa perbankan syariah, di galeri investasi ini mahasiswa bisa melihat laporan keuangan dari berbagai perusahaan," ungkapnya.

Kepala Perwakilan BEI Aceh Tahsrif Murhadi menjelaskan, pada hari ini Bursa Efek Indonesia menandatangani pendirian empat Galeri Investasi, termasuk di STAIN Gajah Putih Takengon. Dia mengatakan, galeri investasi ini nantinya juga bisa memfasilitasi adanya sertifikasi investasi pasar modal yang dapat menunjang mahasiswa untuk mendapatkan peluang kerja. 

"Melalui Galeri investasi ini kita bisa adakan sertifikasi investasi pasar modal, sertifikasi itu dibutuhkan karena bank umum saat ini kiblatnya tidak hanya menjual produk perbankan tapi sudah ada reksa dana, maka menjadi nilai plus jika mahasiswa memiliki sertifikat ini, tidak hanya bagi mahasiswa program studi perbankan syariah atau ekonomi syariah," pungkasnya. 

Salah satu perusahaan jual beli saham yang turut terlibat dalam penandatangan nota tersebut adalah PT RHB Sekuritas. Perwakilan perusahaan tersebut, Muslim, turut mengapresiasi adanya Galeri Investasi ini di STAIN Gajah Putih.

"Kita berharap setelah ini, galeri sudah berjalan, mahasiswa sudah paham cara membeli saham. Kita harus sadari nanti perubahan terjadi lebih cepat dari yang kita bayangkan, mungkin sepuluh tahun kedepan kita harus memiliki rekening saham, galeri ini mendekatkan kita. Galeri ini juga bisa menjadi arena pengabdian dan penelitian mahasiswa dan dosen," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Akademik  dan Kerja Sama STAIN Gajah Putih Dr. Al Musanna, M.Ag menyampaikan, dirinya akan terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk memenuhi kompetensi lulusan yang siap menerima tantangan zaman.

"STAIN Gajah Putih terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan lulusan yang bisa mengikuti perkembangan zaman," pungkasnya. (Humas)

 

Lainnya :