SETELAH TBI, PROSES AKREDITASI BERLANJUT KE PRODI PAI

TAKENGON (STAINGPA) - Proses asesmen dalam rangka (re-)akreditasi sejumlah program studi di lingkungan STAIN Gajah Putih Takengon oleh BAN PT terus berlanjut. Tahun 2018, Program Studi Tadris Matematika (TMA) berhasil meraih nilai akreditasi B.

Pada Februari lalu, prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI) menjalani proses asesmen lapangan. Berselang seminggu, Kepala Pusat Penjaminan Mutu (P2M), Delfia Herwanis, M.Pd menyampaikan kabar gembira atas keberhasilan Prodi TBI memperoleh akreditas B.

Hari ini, Jumat (8/3/2019), giliran Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menjalani proses asesmen. Bukan hanya pada Prodi PAI jenjang strata satu (S1), secara bersamaan asesmen akreditasi tersebut juga berlangsung untuk Prodi PAI jenjang S2 (pascasarjana).

Untuk kegiatan itu, BAN PT menerjunkan empat orang tim asesor sekaligus. Mereka adalah Dr. Karwadi, M.Ag (Dosen UIN Sunan Kalijaga) dan Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag (Dosen IAIN Tulung Agung) sebagai asesor Prodi PAI S1. Dr. H. Muhammad Syamsul Hady, M.Ag (Dosen UIN Maulana Malik Ibrahim) dan Dr. Abdul Rahman, M.Ag (Dosen UIN Walisongo) sebagai tim asesor untuk Prodi PAI S2.

Ketua STAIN Dr. Zulkarnain, M.Ag mengatakan, kehadiran tim asesor tersebut ke STAIN Takengon dimkanai sebagai bentuk bimbingan dan pendampingan untuk meningkatkan mutu lembaga. Terlebih, katanya, kalau tak ada aral melintang, STAIN Gajah Putih akan berubah menjadi IAIN pada tahun ini.

"Program Kementerian Agama 2019 semua STAIN jadi IAIN, tapi karena kendala anggaran tidak semua bisa bisa beralih status. Satu-satunya yang boleh jadi IAIN pada tahun 2019 adalah STAIN Gajah Putih Takengon, saya sdh terima suratnya", sebut Ketua STAIN saat menyambut tim asesor di Aula Biro, Jumat pagi.

Mewakili tim asesor, Dr. Karwadi, M. Ag menyebutkan bahwa proses asesmen yang dilakukan terhadap Prodi PAI tidak berbeda dengan asesmen akreditasi lainnya.

"Harapannya semua berjalan lancar, kami minta dukungan dari bapak ibu memerikan informasi menyeluruh terkait apa yang sudah diisi di SAPTO (aplikasi akreditasi BAN PT), " katanya.

Sementara Dr. H. Muhammad Syamsul Hady, M.Ag, dari tim asesor Prodi PAI pascasarjana, menyebut proses akreditasi bukan semata mata penilaian melainkan juga pembinaan.

"Akreditasi ini adalah mengawal proses penjaminan mutu yang terus berlanjut, pembinaan yang terpenting bukan semata mata penilaian," ungkapnya di hadapan sivitas kampus.

Usai seremoni penyambutan tim asesor, tampak Direktur Pascasarjana Dr. Shaumiwaty, M.Hum, Ketua Jurusan Tarbiyah Ansor, M. Pd. I, Koordinator Prodi PAI (S1) Awal Kurnia Putra, M. T.Pd, didampingi Kepala P2M Delfia Herwanis, M.Pd serta seluruh tim, langsung menuju ruang asesmen yang telah disiapkan.

Untuk diketahui, para wakil ketua, ketua jurusan, koordinator prodi, kabag dan kasubbag, serta mahasiswa dan alumni turut hadir dalam seremoni penyambutan tim asesor yang digelar di Aula Biro pada Jumat pagi. (Humas)

Lainnya :