PROGRAM PASCASARJANA KEMBALI GELAR STADIUM GENERAL, SOROTI PENDIDIKAN DI ERA INDUSTRI 4.0

TAKENGON (STAINGPA) - Mengawali perkuliahan semester semester genap tahun akademik 2018/2019, Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon kembali menggelar kuliah umum. Kegiatan yang biasa disebut stadium general ini dilaksanakan Kamis (14/3/2019) di Aula Biro.


Pada kesempatan itu, kuliah umum disampaikan Prof. T. Silvana Sinar, MA, Ph.D, guru besar asal kampus nomor satu di Sumatera Utara, USU.
Dalam kuliah umumnya, profesor linguistik Universitas Sumatera Utara itu mengemukakan, pada era industri 4.0, dunia pendidikan tidak bisa terlepas dari aplikasi daring dan digital. Karena itu, katanya, dosen dan mahasiswa harus peka dengan kemajuan teknologi informasi tersebut, seperti halnya dalam penugasan kuliah.


"Era sudah berubah, dulu tugas-tugas mahasiswa masuk ke dalam laci, sekarang ini suruh mahasiswa unggah ke playstore (media daring), tulis nama dosen pembimbingnya, kalau bagus akan mengangkat nama kampus," tandasnya.


Sementara itu, Direktur Pascasarjana Dr. Shaumiwaty, M. Hum menyebut banyak sekali informasi baru yang diperoleh dari kuliah umum seperti itu. Karena itu, pihaknya secara berkelanjutan terus mengupayakan hadirnya guru besar untuk memberikan kuliah umum di setiap awal semester.


Sependapat dengan Profesor Silvana, Doktor Shaumi menegaskan memang sudah seharusnya insan kampus menjadikan cyberspace sebagai media pembelajaran. Sehingga, katanya, belajar di era ini bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di ruangan.


"Kita di STAIN Gajah Putih sudah menggunakan beberapa aplikasi, kita sudah ada SIAKAD selama beberapa tahun, empat jurnal sudah OJS, kita juga sudah mulai mengembangkan e-learning, terus akan kita lengkapi untuk kebutuhan mahasiswa kita," jelas Dr. Shaumi.


Kegiatan stadium general pada semester genap tahun akademik 2018/2019 ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa pascasarjana. Puluhan mahasiswa dari program S1 turut antusias menghadiri kuliah umu tersebut. (Humas)

Lainnya :