OJK & BEI ACEH SAMPAIKAN KULIAH UMUM DI STAIN GAJAH PUTIH

TAKENGON (STAINGPA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Aceh menyampaikan kuliah umum di STAIN Gajah Putih Takengon, Kamis (06/09/2018). Kuliah umum dibuka langsung oleh Ketua STAIN Dr. Zulkarnain, M.Ag di Aula Biro. Dalam sambutannya, Ketua STAIN menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut dimana OJK bersedia berbagi ilmu kepada sivitas kampus.

“Ini sangat penting karena terkait era digital, Kita harus mencari alternatif bagaimana agar sejahtera, dan peluangnya ada di dunia digital,” pungkas Dr. Zulkarnain, M.Ag.

 Ketua STAIN mengatakan, mahasiswa tidak boleh hanya bercita-cita menjadi pegawai negeri. Mahasiswa harus mampu menangkap berbagai peluang yang ada, dimana saat ini dengan modal telepon pintar dan aplikasi sudah bisa memiliki penghasilan.

“Kita saat ini masih cenderung konsumtif, penikmat hasil. Pendidikan itu membentuk manusia lebih dewasa, lebih baik, dan sejahtera,” imbuhnya.

Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK)-OJK Aceh, Yusri menyampaikan, tujuannya ke STAIN Gajah Putih selain untuk mengenalkan kepada mahasiswa tentang OJK dan lembaga-lembaga keuangan non-bank, juga membuka wawasan mereka terkait peluang bisnis di dunia digital.

“Sengaja datang untuk membuka wawasan, di luar sana orang bisa menghasilkan uang dengan ini (android), jadi jangan lagi buka toko, jualan dengan ini (aplikasi online),” tuturnya.

Yusri mengatakan, saat ini mahasiswa juga bisa mendapatkan pinjaman modal dengan mudah, yakni melalui sejumlah aplikasi yang ada di dunia internet.

 Ketua Jurusan Syariah Ramdansyah Fitrah, M.Si berharap, melalui kegiatan tersebut mahasiswa memiliki wawasan tentang lembaga-lembaga keuangan berbasis teknologi (Financial Technogy). “Harapannya mahasiswa punya wawasan tentang lembaga-lembaga keuangan yang terdaftar di OJK, sehingga terhindar dari lembaga keuangan bodong,” ungkapnya.

 Kuliah umum bertema "Era Digital dan Kesiapan Kita Menghadapinya Serta Apa dan Bagaimana Industri Pasar Modal" itu diikuti oleh ratusan mahasiswa Jurusan Syariah dari berbagai prodi dan tingkatan. Selain dari OJK, Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Aceh Tashrif Murhadi, turut hadir mengisi kuliah umum.

Hadir saat pembukaan, Wakil Ketua I Dr. Al Musanna, M.Ag, Wakil Ketua II Maulida, M.Ed., Wakil Ketua III Drs. Halihasimi, MA, Kabag AAKU Wirda Novita, SE, Ketua Jurusan, dan tamu undangan dari sejumlah bank yang ada di Aceh Tengah.

Lainnya :