MENAG SERU ASN JADI DUTA PENEBAR KEDAMAIAN

UPACARA HAB KE-72, MENAG SERU ASN JADI DUTA PENEBAR KEDAMAIAN

TAKENGON (STAINGPA) - Upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke 72 berlangsung khidmat di halaman Kampus Induk Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon pada Rabu (03/01/2017).

Bermula sekira pukul 09.00 WIB, tampak hadir Wakil Bupati Aceh Tengah, H. Firdaus, SKM sebagai inspektur upacara.

"Hari ini hari pertama saya ke kampus ini", ujar Wabup mengawali amanat upacara.

Meneruskan pidato sambutan Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, inspektur upacara berpesan agar segenap ASN di lingkungan Kementerian Agama dapat berperan aktif sebagai "Duta Penebar Kedamaian".

"Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera", demikian petikan pidato Menag.

Hal tersebut sesuai dengan tema yang diusung pada Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 yaitu, "Tebarkan Kedamaian".  Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia.

Selain itu, dalam sambutannya Menag juga mengajak ASN agar memandang pekerjaan sebagai ibadah. Dengan begitu, menurut Menag, ASN akan bisa memberikan pelayanan secara amanah dan ikhlas.

"Akhirnya, saya berpesan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama, marilah memaknai bekerja sebagai ibadah, bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. Mari menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan", tutup inspektur upacara membacakan sambutan Menag.

Usai upacara, Ketua STAIN Dr. Zulkarnain, M.Ag  kembali menegaskan bahwa segenap aparatur di bawah satkernya siap untuk memenuhi arahan Menag tersebut.

“Kami ASN (STAIN Gajah Putih)  punya komitmen yang kuat untuk menebarkan kedamaian ini, salam kedamaian untuk semua”, ujar Ketua.

Dalam pantauan humas, upacara yang menandai kelahiran Kementerian Agama itu diikuti oleh seluruh unsur civitas akademika mulai dari pimpinan, mahasiswa, staf, dan dosen di lingkungan STAIN Gajah Putih Takengon.

Selepas upacara, STAIN Gajah Putih diwarnai dengan aneka perlombaan antar-civitas kampus, mulai dari tarik tambang, balap karung, dan tarik suara sebagai rangkaian memeriahkan peringatan Hari Amal Bakti Kemenag.

Sontak kegiatan itu mengundang suasana ceria dan keakraban di kalangan pimpinan, dosen, staf, dan mahasiswa. (Humas)

Lainnya :