Begini Aturan Permainan Sudoku

Permainan-Sudoku

Pahami aturan permainan sudoku merupakan salah satu permainan yang bisa dibilang cukup sulit untuk dimainkan. Agar bisa memainkannya dengan baik.

Permainan sudoku kuncinya terletak pada logika yang dimiliki oleh setiap player. Permainan teka-teki angka ini membuat para playernya harus menuliskan angka 1 hingga 9 pada kotak-kotak 9×9. Kotak tersebut terdiri dari 9 blok 3×3 tanpa ada angka yang berulang.

Jenis-jenis Permainan Sudoku

Game slot thailand pengasah otak ini bisa dimainkan oleh segala kalangan. Sebelum memainkannya, player harus paham terlebih dahulu tentang jenis-jenis sudoku. Berikut penjelasannya.

  • Mini Sudoku

Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa mini sudoku memiliki arti sebagai permainan sudoku versi kecil. Yang mana angka yang digunakan hanya 1-6 saja. Untuk menyelesaikan, sudoku satu ini dapat diselesaikan dengan cepat.

  • Sudoku Klasik

Player hanya perlu menuliskan angka 1-9 pada baris, kolom, dan balok. Angka yang diisikan harus tepat satu digit. Aturan main sudoku klasik yaitu dilarang ada angka yang sama dalam satu baris, kolom, atau pada blok 3×3 tersebut.

  • Sudoku Alfabet

Jenis permainan ini memerlukan huruf untuk mengisikan kotak-kotak yang kosong. Aturan mainnya sama seperti sudoku klasik, yang mana saat semua kotak terisi maka akan muncul suatu kata tertentu.

  • Twin Sudoku

Game ini mempunyai 2 buah sudoku. Disertai grid 9×9, dengan satu atau beberapa blok 3×3 yang tumpang tindih. Untuk menyelesaikan sudoku jenis ini, diperlukan ketelitian yang cukup tinggi dari playernya.

  • Killer Sudoku

Game jenis ini tercipta dari gabungan antara Sudoku dengan Kakuro. Aturan mainnya sama dengan sudoku klasik.

Itulah tadi jenis-jenis sudoku. Untuk berikutnya, akan dijelaskan tentang aturan main dari permainan sudoku. Berikut penjelasannya.

Aturan Main Sudoku

  • Gunakan Angka 1-9

Pada umumnya, game ini dapat dimainkan dengan memakai angka 1 sampai 9. Dimainkan pada kotak berukuran 9×9. Setiap baris, kotak, dan kolom dengan masing-masing 9 spasi harus diisikan dengan angka 1-9. Dan dilarang untuk mengulang angka apapun dalam baris, kolom atau kotak tersebut.

  • Dilarang Mengulang Angka

Aturan utama dalam game ini adalah larangan mengulang angka yang sudah ditulis pada kotak 3×3. Lihatlah dengan teliti dan juga seksama, angka mana yang hilang. Selanjutnya terapkan prinsip eliminasi ataupun prinsip penalaran deduktif guna menentukan angka mana yang harus diisikan pada kotak yang kosong tersebut.

  • Dilarang Menebak

Player dilarang menebak angka apa yang harus diisikan pada kotak, hal tersebut dikarenakan game ini harus diselesaikan menggunakan logika serta penalaran yang dimiliki player.

  • Gunakanlah Prinsip Eliminasi

Dengan prinsip eliminasi akan memungkinkan para player dapat menentukan angka mana yang tepat guna mengisi kotak yang kosong.

  • Teruslah Bergerak

Tak hanya berfokus pada satu titik, player juga harus bergerak ke arah lain yaitu ke arah kotak yang masih kosong. Selanjutnya temukan kemungkinan yang bisa terjadi.

  • Kerjakan Yang Mudah Terlebih Dahulu

Untuk menyelesaikan permainan sudoku ini, player bisa mengerjakan teka-teki yang mudah terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menggunakan teknik eliminasi jika memang diperlukan.

  • Lakukan Evaluasi

Game ini mengharuskan para playernya untuk melakukan evaluasi pada saat setelah melakukan pengisian angka. Hal tersebut bertujuan agar misi cepat terselesaikan. Selain itu, sudoku mengharuskan playernya memiliki daya ingat yang kuat. Hal tersebut dibutuhkan agar player bisa mengingat semua angka yang sudah diisikan serta kotak mana yang mana yang harus diubah pada saat diterapkannya prinsip eliminasi.

Kesimpulan

Berikut tadi penjelasan tentang jenis-jenis sudoku beserta aturan mainnya. Kesimpulannya dalam menyelesaikan permainan sudoku, player harus memiliki konsentrasi yang super tinggi dan player haruslah selalu mematuhi aturan main yang ada. Semoga penjelasan diatas bisa dijadikan sebagai panduan bermain untuk para player. Selamat mencoba!

About stainadmin 51 Articles
Hai, pernekalkan nama saya Tania Irenia Sebagai seorang penggiat teknologi, saya percaya bahwa teknologi memiliki potensi besar untuk memberdayakan dan meningkatkan kehidupan manusia secara global. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki, saya berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui.